Wednesday, December 28, 2011

3 Izin hutan geothermal akan terbit Geothermal

Mon, 12/09/2011

3 Izin hutan geothermal akan terbit
Geothermal


Tiga izin pemanfaatan kawasan hutan konservasi untuk pengembangan geotermal akan terbit dalam 3 bulan mendatang.

Izin-izin itu bakal dikantongi PT Pertamina Geothermal Energy untuk hutan lindung Bukit Jambul dan Suaka Margasatwa Dataran Tinggi Yang di Jawa Timur. Perusahaan lain yang juga akan menerima izin yakni PT Sokoria Geothermal Indonesia untuk Taman Nasional Kelimutu.

"Mereka sedang proses, kira-kira 3 bulan. Sekarang tahap survei," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kehutanan Hadi Daryanto.

Perusahaan itu dapat mengantongi izin pemanfaatan kawasan hutan konservasi untuk pengembangan geothermal dalam waktu cepat karena sudah ada aturan yang mendukungnya.

Aturan yang baru saja di rampungkan Kemenhut itu yakni Peraturan Pemerintah (PP) No.28 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam. PP ini menggantikan PP Nomor 68 Tahun 1998.

Awal pekan ini Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menjamin pengurusan izin pemanfaatan kawasan hutan untuk geotermal paling lama hanya 3 bulan. Masa 3 bulan ini dihitung sejak permohonan izin masuk hingga izin terbit.

Percepatan ini, menurutnya, sesuai instruksi presiden sekaligus prioritas pemerintah.

Izin yang segera dikantongi PT Pertamina Geothermal Energy dan PT Sokoria Geothermal Indonesia itu akan melengkapi enam izin lain yang sudah disetujui menteri kehutanan.

Izin-izin itu telah diberikan kepada PT Chevron Geothermal Salak, PT Latoka Trimas Bina Energi, PT Amoseas Indonesia, PT Diza Matra Powerindo, PT Chevron Geothermal, dan PT Perusahaan Listrik Negara.

"Chevron di Lampung Barat ini baru survei, sedangkan PLN di Gunung Rinjani lagi Amdal (analisis mengenai dampak lingkungan)," kata Hadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Barat Jerry Yanuar mengemukakan Jabar memiliki potensi panas bumi yang cukup banyak sehingga butuh dukungan untuk segera dibangkitkan seperti di Gunung Ciremai, Gunung Gede-Pangrango, dan sejumlah lokasi lain.

Bagi para pengguna via blackberry, info proyek dan detail tender lainnya dapat dilihat di versi web www.tender-indonesia.com.


SUMBER:
http://www.tender-indonesia.com/tender_home/innerNews2.php?id=11443&cat=CT0021

No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment